Negara Maju di Asia Tenggara (ASEAN) Beserta Penjelasannya [Update]

Negara Maju di Asia Tenggara (ASEAN) Beserta Penjelasannya [Update]

Salah satu kawasan di benua Asia adalah Asia Tenggara. Terdapat 11 negara di Asia Tenggara, dimana 10 di antaranya tergabung dalam organisasi ASEAN. Kebanyakan negara Asia Tenggara merupakan negara berkembang dengan tingkat ekonomi rendah. Namun ternyata ada juga negara maju di Asia Tenggara.

Sebanyak 11 negara yang ada di Asia Tenggara adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Myanmar, Brunei, Kamboja, Vietnam, Laos dan Timor Leste. Di antara semuanya, hanya Timor Leste saja yang belum tergabung dalam organisasi ASEAN.

Secara umum negara-negara Asia Tenggara tergolong dalam kategori negara berkembang. Indonesia misalnya, memiliki tingkat ekonomi rendah yang masih dalam tahap berkembang sehingga masuk kategori negara berkembang di Asia Tenggara.

Namun faktanya ada 2 negara di ASEAN yang masuk kategori negara maju. Seperti diketahui bahwa indikator negara maju antara lain memiliki pendapatan per kapita tinggi. Hal ini juga sesuai dengan pengertian negara maju yang mengedepankan aspek standar hidup dan kecanggihan teknologi suatu negara.

Daftar Negara Maju di Asia Tenggara

Secara umum hanya ada dua negara maju di ASEAN yakni Singapura dan Brunei Darussalam. Sementara sisanya termasuk kategori negara berkembang di Asia Tenggara, termasuk juga Indonesia. Berikut merupakan pembahasan contoh negara maju di kawasan Asia Tenggara beserta ibukota, keterangan dan penjelasannya.

1. Singapura

negara maju di asia tenggara singapura

Singapura merupakan negara termaju di Asia Tenggara. Bahkan jika dihitung dari index pembangunan manusia-nya, Singapura menjadi salah satu negara termaju di dunia dan di benua Asia secara keseluruhan. Negara ini termasuk city-state sehingga juga beribukota di Singapura.

Pendapatan per kapita Singapura termasuk salah satu yang tertinggi di dunia sehingga negara ini juga termasuk negara terkaya di Asia Tenggara. Ekonomi Singapura memang tumbuh berkembang tiap tahunnya hingga memiliki penghasilan negara yang besar.

Perekonomian Singapura tumbuh dengan baik yang didapatkan sebagai sektor industri dan pariwisata yang dikelola dengan baik. Meski secara wilayah, luas Singapura cukup kecil, bahkan termasuk negara terkecil di ASEAN, namun pengelolaan sumber daya di Singapura sangat maksimal.

2. Brunei Darussalam

negara maju di asia tenggara brunei darussalam

Negara maju di Asia Tenggara berikutnya adalah Brunei Darussalam. Negara ini beribukota di Bandar Seri Begawan. Luas wilayah Brunei juga tidak terlalu besar, namun soal pendapatan per kapita Brunei jadi salah satu yang tertinggi di antara negara-negara di benua Asia lainnya.

Sektor pendapatan per kapita dari negara Brunei Darussalam adalah cadangan minyak dan gas alam. Sektor tersebut menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Brunei. Pemerintah Brunei Darussalam juga mengandalkan sektor industri dan ekspor bahan pangan.

Brunei juga memiliki nilai indeks pembangunan manusia yang tinggi. Seperti diketahui jika nilai IPM digunakan sebagai indikator standar hidup yang baik. Maka dapat disimpulkan bahwa masyarakat Brunei memiliki standar hidup bagus yang menjadi ciri-ciri negara maju di dunia.

Nah itulah artikel contoh negara maju di Asia Tenggara saat ini beserta penjelasan lengkapnya. Saat ini hanya ada 2 negara maju di kawasan ASEAN yaitu negara Singapura dan Brunei Darussalam. Sementar kebanyakan negara di Asia Tenggara lainnya masih tergolong sebagai negara dengan ekonomi berkembang.

Tinggalkan komentar