Tanggal Bergabungnya Negara ASEAN (Asia Tenggara) Lengkap

ASEAN atau Association of South East Asian Nations adalah organisasi antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Saat ini terdapat 10 daftar negara anggota ASEAN termasuk Indonesia. Awalnya hanya ada 5 negara pendiri ASEAN, namun kemudian ada 5 negara lain yang bergabung. Kali ini akan dibahas mengenai daftar 10 negara ASEAN beserta waktu tanggal bergabungnya negara ASEAN selengkapnya.

Organisasi ASEAN merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. ASEAN pertama kali didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 yang dibentuk berdasarkan Deklarasi Bangkok.

Terdapat 5 negara pendiri ASEAN yang turut menandatangani Deklarasi Bangkok yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Selain 5 negara pendiri ASEAN, kemudian terdapat 5 negara Asia Tenggara lain yang bergabung dengan ASEAN.

Di antara 10 negara yang tergabung dalam organisasi ini, ada dua negara yang berstatus sebagai negara maju. Dua negara maju di Asia Tenggara ini adalah Thailand dan Brunei. Sementara sisa anggota lainnya adalah negara yang masih dalam tahap berkembang.

Waktu tanggal bergabungnya negara Asia Tenggara dengan ASEAN ini pun bervariasi. Kamboja menjadi negara terakhir yang bergabung dengan ASEAN di tahun 1999, sementara Laos dan Myanmar menjadi 2 negara yang bergabung ASEAN dalam waktu yang sama.

(baca juga negara termiskin di Asia Tenggara)

10 Negara ASEAN dan Tanggal Bergabungnya Negara ASEAN

Berikut merupakan daftar nama 10 negara anggota ASEAN di kawasan Asia Tenggara lengkap beserta ibukota dan waktu tanggal bergabungnya negara ASEAN.

No Negara Ibukota Tanggal Bergabung
1 Indonesia Jakarta 08 Agustus 1967
2 Malaysia Kuala Lumpur 08 Agustus 1967
3 Singapura Singapura 08 Agustus 1967
4 Filipina Manila 08 Agustus 1967
5 Thailand Bangkok 08 Agustus 1967
6 Brunei Darussalam Bandar Seri Begawan 07 Januari 1984
7 Vietnam Hanoi 28 Juli 1995
8 Laos Vientiane 23 Juli 1997
9 Myanmar Naypyidaw 23 Juli 1997
10 Kamboja Phnom Penh 30 April 1999

Negara Pendiri ASEAN

Terdapat 5 negara yang menjadi pendiri dan memprakarsai terbentuknya ASEAN. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok atau Deklarasi ASEAN. Pembentukan organisasi ASEAN ini dilakukan pada tanggal 8 Agustus 1967 di kota Bangkok, Thailand.

Adapun lima negara yang menjadi negara pendiri ASEAN beserta perwakilan tokoh pendiri ASEAN antara lain adalah :

  1. Indonesia, diwakili oleh menteri luar negeri Adam Malik
  2. Malaysia, diwakili oleh wakil perdana menteri Tun Abdul Razak
  3. Filipina, diwakili oleh menteri luar negeri Narciso Ramos
  4. Singapura, diwakili oleh menteri luar negeri S. Rajaratnam
  5. Thailand, diwakili oleh menteri luar negeri Thanat Khoman

Negara yang Mungkin Bergabung ASEAN

Saat ini terdapat 10 negara anggota ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja. Meski begitu jumlah ini mungkin bertambah di waktu yang akan datang.

Terdapat beberapa negara yang mungkin akan bergabung dengan ASEAN. Hal ini dilihat dari letak geografis negara-negara tersebut yang berada dalam kawasan yang dekat dengan Asia Tenggara. Berikut daftar negara yang bisa bergabung dengan ASEAN ditinjau dari letak geografis yang berdekatan.

  • Timor Leste
  • Papua Nugini
  • Bangladesh
  • Palau
  • Taiwan (Republik China)

Nah itulah info dunia mengenai daftar negara anggota ASEAN beserta tanggal bergabungnya negara ASEAN termasuk negara pendiri ASEAN dan negara yang mungkin bergabung dengan ASEAN ke depannya lengkap. Sekian artikel dunia tentang tanggal bergabungnya negara ASEAN kali ini, semoga bisa jadi bahan bacaan.

Tinggalkan komentar