Urutan 5 Negara Terkaya di Asia Tenggara (ASEAN) 2018 Terbaru

Urutan 5 Negara Terkaya di Asia Tenggara (ASEAN) 2018 Terbaru

Urutan negara terkaya di Asia Tenggara 2018 – Asia Tenggara merupakan kawasan di benua Asia bagian Tenggara. Negara-negara Asia Tenggara termasuk dalam organisasi ASEAN. Saat ini ada 11 negara Asia Tenggara, termasuk juga Indonesia.

Lantas negara mana yang termasuk dalam negara terkaya di ASEAN? Kali ini akan dibahas mengenai daftar negara terkaya di Asia Tenggara berdasarkan pendapatan per kapitanya.

Secara umum ada 11 negara negara di ASEAN di antaranya adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, Laos dan Timor Leste.

Tiap negara pun memiliki karakteristik berbeda, termasuk dalam segi pertumbuhan ekonomi dan standar hidup. Selain itu sektor industri dan perdagangan tiap negara pun turut berbeda pula.

Faktanya hanya ada 2 negara maju di Asia Tenggara, yaitu Singapura dan Brunei Darussalam. Sementara sisa lainnya merupakan negara berkembang di Asia Tenggara.

Kedua negara tersebut juga menjadi negara dengan pendapatan per kapita terbesar di kawasan Asia Tenggara jika dibandingkan dengan negara lain ASEAN. Lalu bagaimanakah dengan Indonesia?

Urutan Negara Terkaya di ASEAN 2018

Berikut merupakan list lengkap daftar 5 negara paling kaya di kawasan Asia Tenggara di tahun 2018 berdasarkan nilai pendapatan per kapitanya update terbaru.

(baca juga tanggal bergabungnya negara ASEAN)

negara terkaya di asia tenggara

1. Singapura

Ibukota : Singapura
Pendapatan per kapita : 52.841

Singapura merupakan negara terkaya di Asia Tenggara. Tidak hanya itu, Singapura juga menempati peringkat kedua negara terkaya di benua Asia dan masuk 10 besar negara terkaya di dunia.

Total pendapatan per kapita Singapura  mencapai angka 50 ribu US dollar. Jumlah ini menjadi yang tertinggi di kawasan ASEAN. Negara ini juga menjadi salah satu negara maju di benua Asia.

Negara ini memang dikenal memiliki pertumbuhan ekonomi yang bagus. Letak yang strategis menjadikan Singapura menjadi negara transit yang sering dikunjungi. Singapura juga menjadi negara yang ramah akan investor.

Selain itu sektor bisnis dan pariwisata Singapura jadi salah satu yang terbaik di dunia. Belum lagi sektor perdagangan, jasa dan kargo Singapura yang menyumbang devisa negara.

2. Brunei Darussalam

Ibukota : Bandar Sri Begawan
Pendapatan per kapita : US$ 36.609

Peringkat negara terkaya di Asia Tenggara berikutnya adalah Brunei Darussalam. Negara ini juga termasuk salah satu negara terkaya di Asia. Total pendapatan per kapitanya mencapai 36 ribu US dollar.

Meski luas wilayahnya sangat kecil, namun sektor ekonomi dan industri Brunei sangat berkembang. Sektor utama untuk pendapatan negara Brunei adalah cadangan minyak dan gas alam.

Sektor tersebut menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Brunei. Selain ekspor minyak dan gas bumi, Brunei juga mengandalkan sektor industri dan ekspor bahan pangan.

3. Malaysia

Ibukota : Kuala Lumpur
Pendapatan per kapita : US$ 9.766

Urutan negara terkaya di Asia Tenggara selanjutnya adalah Malaysia. Negara yang beribukota di Kuala Lumpur ini diperkirakan memiliki pendapatan per kapita sebesar 10 ribu US dollar.

Perkembangan ekonomi Malaysia dalam beberapa tahun terakhir pun terus menunjukkan grafik meningkat. Malaysia disokong dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Selain itu perkembangan bisnis dan finance Islam di Malaysia lewat sistem perbankan syariah juga berjalan sangat baik. Sektor industri, pariwisata dan ekspor sumber daya alam juga menyumbang pendaptan negara bagi Malaysia.

4. Thailand

Ibukota : Bangkok
Pendapatan per kapita : US$ 5.816

Thailand berada di urutan negara terkaya di ASEAN berikutnya. Negara yang beribukota di kota Bangkok ini memiliki pendapatan per kapita sebesar 5 ribu US dolllar. Meski begitu, tren perkembangan ekonomi Thailand justru agak melambat dalam beberapa tahun terakhir.

Pendapatan negara Thailand kebanyakan berasal dari hasil ekspor produk berteknologi, misalnya seperti komponen elektronik, kendaraan bermotor atau perangkat listrik.

Selain itu sektor pertanian dan pertambangan juga berjasa bagi pertumbuhan ekonomi Thailand, termasuk juga sektor pariwisata.

5. Indonesia

Ibukota : Jakarta
Pendapatan per kapita : US$ 3.347

Urutan kelima negara terkaya di ASEAN ditempati oleh Indonesia. Negara ini beribukota di Jakarta dan merupakan negara terluas di Asia Tenggara sekaligus negara dengan jumlah penduduk terbanyak di ASEAN.

Meski begitu, pendapatan per kapita Indonesia hanya menyentuh angka 3 ribu US dollar saja, masih jauh tertinggal dari negara tetangganya seperti Singapura atau Brunei. Tren perkembangan ekonomi Indonesia cukup statis.

Indonesia pun harus menghadapai tantangan ekonomi global ke depannya, mengingat jumlah penduduk Indonesia yang begitu besar sehingga menjadi potensi pasar strategis bagi investor asing.

Indonesia cukup lumayan menempati peringkat 5, setidaknya tidak termasuk dalam list negara termiskin di Asia Tenggara yang ditempati oleh negara-negar seperti Timor Leste, Laos dan Myanmar.

Nah itulah artikel bacaan tentang daftar negara terkaya di Asia Tenggara tahun 2018 beserta pendaptan per kapitanya update terbaru lengkap. Meski luas areanya relatif kecil, namun Singapura masih menjadi negara terkaya di ASEAN dan bahkan salah satu negara terkaya di dunia. Sementara Indonesia menempati posisi lima peringkat negara terkaya di ASEAN. Sekian artikel bacaan kali ini.

Tinggalkan komentar