Urutan 5 Negara Termiskin di Asia Tenggara (ASEAN) 2018 Terbaru

Urutan 5 Negara Termiskin di Asia Tenggara (ASEAN) 2018 Terbaru

Urutan negara termiskin di Asia Tenggara 2018 – Asia Tenggara merupakan salah satu wilayah di benua Asia. Negara-negara Asia Tenggara termasuk dalam organisasi ASEAN. Ada beberapa negara ASEAN, tiap negara pun memiliki karakteristik dan pertumbuhan ekonomi yang berbeda.

Beberapa di antaranya dikategorikan sebagai negara berkembang yang termasuk dalam negara termiskin di ASEAN jika dilihat dari pendapatan per kapitanya tahun 2018 update terbaru.

Saat ini ada 11 negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, Laos dan Timor Leste.

Di antara semua, hanya ada dua negara maju di Asia Tenggara, yaitu Singapura dan Brunei. Sisanya adalah negara berkembang dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang masih rendah.

Lantas negara apakah yang masuk daftar negara termiskin di ASEAN? Indonesia adalah negara berkembang dengan tingkat ekonomi yang statis, namun faktanya Indonesia tidak termasuk dalam kategori negara termiskin di Asia Tenggara. Jika dibandingkan negara ASEAN lain, ada 5 negara paling miskin di Asia Tenggara dengan pendapatan per kapita paling rendah.

Urutan Negara Termiskin di ASEAN 2018

Berikut merupakan list lengkap daftar 5 negara paling miskin di kawasan Asia Tenggara di tahun 2018 berdasarkan nilai pendapatan per kapitanya update terbaru.

(baca juga contoh negara maju di Asia)

negara termiskin di asia tenggara

1. Kamboja

Ibukota : Phnom Penh
Pendapatan per kapita : US$ 1.308

Kamboja menjadi negara termiskin di Asia Tenggara dibandingkan dengan negara negara ASEAN lainnya saat ini jika dihitung dari pendapatan per kapitanya. Bahkan Kamboja juga menjadi salah satu negara termiskin di benua Asia secara keseluruhan.

Pendapatan per kapita Kamboja hanya menyentuh angka 1.308 US dollar saja. Angka ini merupakan yang terendah di kawasan Asia Tenggara. Negara ini mengandalkan sektor pertanian dan industri.

Meski begitu pertumbuhan ekonomi justru menunjukkan tren menurun dari tahun ke tahun. Sekitar 4% penduduk Kamboja merupakan pengangguran, sementara hampir mencapai 20% penduduk Kamboja merupakan warga miskin.

2. Myanmar

Ibukota : Naypyidaw
Pendapatan per kapita : US$ 1.374

Peringkat negara termiskin di Asia Tenggara selanjutnya adalah Myanmar. Negara ini menjadi salah satu negara paling miskin di Asia.

Total pendapatan per kapita Myanmar yang terbaru adalah 1.374 US dollar saja. Angka ini merupakan yang terendah kedua di kawasan ASEAN dibandingkan negara lainnya.

Sektor pertanian menjadi sektor utama Myanmar yang menyumbang sekitar 70% pendapatan negara. Selain itu sektor jasa dan industri juga cukup berkembang.

Meski begitu hal tersebut tidak mampu meningkatkan pendapatan negara. Pertumbuhan ekonomi Myanmar tidak naik dan cenderung stagnan dari tahun ke tahun.

3. Timor Leste

Ibukota : Dili
Pendapatan per kapita : US$ 1.756

Peringkat negara termiskin di ASEAN berikutnya adalah Timor Leste. Negara ini sebelumnya merupakan bagian dari Indonesia sebelum memilih untuk memisahkan diri sejak tahun 1999.

Pendapatan per kapita Timor Leste hanya mencapai 1.756 US dollar saja, salah satu yang paling miskin di Asia Tenggara. Fakta lain adalah hampir 50% penduduk Timor Leste dirundung masalah kemiskinan.

Selain itu banyak warga Timor Leste yang tidak memiliki pekerjaan. Beberapa sektor industri Timor Leste yang cukup berkembang adalah industri kerajinan tangan, sabun, kopi dan alas kaki.

4. Laos

Ibukota : Vientiane
Pendapatan per kapita : US$ 2.051

Urutan negara termiskin di ASEAN di peringkat 4 adalah Laos. Secara umum, pendapatan per kapita Laos adalah 2.051 US dollar, cukup rendah dibandingkan negara Asia Tenggara yang kaya lainnya.

Negara ini beribukota di Vientiane dan mata uangnya adalah Kip Laos. Laos begitu mengandalkan sektor perdagangan dan investasi dengan negara tetangga, termasuk ekspor dan impor.

Selain itu sektor pariwisata Laos juga mulai berkembang setelah pemerintah mulai memperhatikan sektor ini. Infrastruktur Laos memang masih tertinggal, namun setidaknya menunjukkan tren naik.

5. Vietnam

Ibukota : Hanoi
Pendapatan per kapita : US$ 2.305

Vietnam merupakan negara berikutnya dalam daftar negara termiskin di Asia Tenggara. Negara yang beribukota di Hanoi ini diperkirakan memiliki pendapatan per kapita sebesar 2.305 US dollar.

Angka ini cukup rendah, mengingat Vietnam sempat masuk 5 besar negara terkaya di Asia Tenggara beberapa tahun lalu. Pertumbuhan ekonomi Vietnam sendiri sangat mengandalkan sektor pertanian dan industri.

Meski begitu Vietnam masih bisa meningkatkan pertumbuhan ekonominya, mengingat jumlah penduduk Vietnam yang besar sehingga potensi pasar di negara Vietnam cukup menjanjikan.

Nah itulah artikel bacaan tentang urutan negara termiskin di Asia Tenggara tahun 2018 beserta pendaptan per kapitanya update terbaru lengkap. Hingga kini, negara-negara seperti Kamboja, Myanmar dan Timor Leste masih berada di peringkat atas urutan negara termiskin di ASEAN. Sekian artikel bacaan kali ini.

Tinggalkan komentar